KARAKTERISTIK ORANG SUKSES

KARAKTERISTIK ORANG SUKSES

Oleh : Didi H. Loeksmanto

Waktu yang tersedia sangat terbatas untuk mencapai keberhasilan dalam kehidupan. Pernah ada penelitian tentang bagaimana rata-rata orang yang mencapai usia 72 tahun menggunakan waktu mereka :

21 tahun untuk tidur

14 tahun untuk bekerja

7 tahun untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan

Kesehatan

6 tahun untuk makan

6 tahun untuk melakukan perjalanan

5 tahun untuk menunggu giliran

4 tahun untuk belajar

3 tahun untuk menghadiri pertemuan

2 tahun untuk menjawab telepon

1 tahun untuk mencari barang-barang yang hilang

3 tahun untuk kegiatan-kegiatan lainnya.

Umumnya orang tidak menyadari bahwa cara menghabiskan waktu adalah sesuatu yang sebenarnya dapat mereka atur. Kita dapat membedakan dua orang bukan dari banyaknya waktu yang mereka miliki, karena mereka sama-sama memiliki waktu 24 jam sehari, tetapi dari bagaimana mereka memanfaatkan waktunya.

Berikut ini adalah sebagian daftar karakteristik orang sukses secara singkat, yang mungkin dapat mengasah anda menemukan sejumlah prinsip kesuksesan bagi anda.


Optimisme

Orang-orang yang sukses menghadapi berbagai rintangan besar, seperti Nelson Mandela, Eleanor Roosevelt, mengaku bahwa apa yang membuat mereka mampu melalui masa-masa sulit adalah kemampuan untuk berfokus pada hal positif dan memiliki kemampuan luar biasa untuk menghadapi realitas yang sulit dengan menciptakan sifat optimisme yang keras hati.

Orang-orang yang optimis cenderung sukses karena harapan akan kesuksesan membuat mereka bekerja lebih giat.

Tujuan, Sasaran dan Visi yang Pasti

Sukses mensyaratkan pemusatan upaya (fokus). Sebagaian besar orang menyalurkan energi mereka pada terlalu banyak hal sehingga tak mampu menjadi orang yang menonjol, bahkan pada satu bidang sekalipun.

Agar bisa sukses, harus memiliki sasaran dan tujuan yang lebih tinggi dan mengejar realisasinya.

Kesediaan Bekerja

Orang sukses bersedia terlibat dalam pekerjaan yang membosankan dengan maksud untuk mencapai suatu cita-cita yang luar biasa. Dengan kerja keras, didapat pengetahuan tentang diri sendiri, dan hal itu tidak akan pernah terungkap bila anda malas.

Hukum kesuksesan adalah bahwa, begitu hal pertama tercapai, maka hal itu dapat menciptakan momentum yang membuat kesuksesan menjadi lebih mudah dipertahankan.

Disiplin

Kesuksesan abadi dibangun dari disiplin, bahwa anda harus memberikan perintah untuk diri sendiri dan mematuhinya. Seperti bunga berganda, awalnya membosankan, tetapi dalam jangka panjang hasilnya spektakuler.

Para pencapai sukses tahu bahwa sementara alam semesta dibangun dari kumpulan atom, kesuksesan dibangun dari menit-menit. Mereka menjadi penguasa yang ulung bila berkaitan dengan cara pemanfaatan waktu.


Banyak Membaca

Memperhatikan kebiasaan orang sukses, akan ditemukan bahwa mereka biasanya para pembaca yang hebat. Bila anda membaca tentang berbagai prestasi dari orang-orang yang anda kagumi, mau tak mau wawasan anda akan meningkat.

Keingintahuan dan kemampuan untuk belajar adalah hal yang vital untuk meraih prestasi, sesuai dengan pepatah yang menyebutkan, “Para pemimpin adalah pembaca”.

Mau Mengambil Resiko

Semakin besar resiko, semakin besar potensi kesuksesan. Tidak ada usaha, tidak ada yang bisa diperoleh. Mulailah berorientasi pada aksi (tindakan).

Penguasaan

Penguasaan dapat mengubah segala situasi menjadi bermanfaat bagi orang-orang sukses. Mereka adalah “tuan bagi jiwa mereka, kapten atas nasib mereka”.


Kutipan dari :

· 50 Success Classics; Tom Butler-Bowdon

· Strategi menuju Sukses; Jim Dornan & John C. Maxwell


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 155 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: